Sunday, March 8, 2009

Rendering 3D max TGA (Targa)

Setelah menyelesaikan obyek, maka langkah yang dilakukan adalah proses rendering. Dalam aplikasi 3d Max, opsi ini memiliki sejumlah pengaturan. Saya tidak membahasnya secara runut di sini. Tapi hanya pada bagian bentuk file output yang akan dihasilkan.

Bila kita melakukan rendering dalam bentuk animasi gerak, opsi yang bisa dipilih berupa AVI (Audio Video Interleave) dan berupa TARGA (Truevision Advanced Raster Graphics Adapter) atau TGA. Untuk keluaran berupa AVI, biasanya hasil yang didapat kurang maksimal. Setidaknya menurut pengalaman saya.

Saya lebih menyukai rendering dengan format TGA, dimana dengan format ini hasilnya berupa deretan gambar dari setiap frame dalam scene yang kita render. Pengaturan FPS (frame per second) sangat menentukan jumlah file TGA yang kita teroleh dan tentu saja kehalusan gerak motion yang kita animasikan. Misalnya kita mengatur animasi pada 30 FPS, maka kita akan mendapatkan 30 file TGA yang menggambarkan animasi selama satu detik dalam 30 frame. :D

Untuk proses editing file TGA ini bisa menggunakan aplikasi Adobe Premiere. Kita tinggal meng-import file-file TGA tadi kedalam kotak bin. Drag-drop ke layer editing. Dan kita bisa mengedit sesuai selera kita.

Anda dapat melihat video tutorial nya sendiri di:

http://www.youtube.com/watch?v=9Hfe5QLiFh8

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Pernakah kamu mengalami kejadian seperti ini:



    “Saat flash disk tertancap di komputer win XP, sedang dipakai namun tiba-tiba windows hank alias frozen. Setelah komputer di booting paksa dan di hidupkan lagi, ternyata flash disk yang tertancap tadi mati. Falsh disk tidak bisa bekerja lagi. Windows mendeteksi kapasitasnya 0 MB dan mengeluarkan pesan untuk memformatnya. Dicoba untuk di format gagal juga. Akhirnya gak terpakai lagi deh tuh Flash disk”

    Kalau memang kasus seperti ini yang anda alami terhadap kerusakan flash disk anda. jangan khawatir kita masih bisa coba untuk menyelamatkan dan menghidupkanya lagi. Berikut ini langkah-langkah untuk memperbaikinya:

    Softawre yang kita perlukan untuk keperluan ini adalah HP Drive Boot Utility (buatan HP namun jangan khawatir ternyata bisa kita gunakan untuk merek yang lainya. Bahkan untuk memory kamera juga). Anda bisa download di sini : http://h20000.www2.hp.com/bizsupport/TechSupport/SoftwareDescription.jsp?lang=en&cc=us&mode=3&taskId=135&swItem=MTX-UNITY-I23839


    Setelah di download, jalankan dan pilih drive untuk falsh disk yang akan diperbaiki.

    Pilih tipe format disk yang mau di gunakan (FAT, FAT32 atau NTFS)
    Pilih Quick Format
    Kemudian pilih start untuk memulainya.

    ReplyDelete

This message will wait to the Administrator privilege

Sponsor & Advertisement

Add to Technorati Favorites