Tuesday, June 23, 2009

Penyebab Calon Pembaca Pergi Meninggalkan Blog

Membuat calon pembaca untuk dapat betah membaca dan mencari artikel lain di blog kita sudah menjadi impian para blogger pemula, pada artikel ini saya mencoba memberikan sudut pandang pribadi yang sering kali menjadi alasan saya ketika melakukan googling mencari blog kemudian masuk kedalam blog tersebut dan kurang dari 1 menit kemudian saya sudah meng-closed blog tersebut.

> Website sulit diakses atau terlalu berat di-loading betapapun bagus isi-nya, sehingga terkadang butuh waktu yang lama untuk membukanya, situs seperti ini biasanya langsung ditinggalkan oleh pengunjung, permasalahan ini memang bukan sepenuhnya kesalahan kita, masalah koneksi juga dapat mempengaruhinya, tetapi desain blog yang lebih ringan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya hal ini.

> Eksternal link yang terlalu banyak dan links tersebut justru tidak berhubungan dengan konten utama dari blog, sehingga akhirnya membuat pembaca berubah pemikiran ke topik yang lain.

> Iklan dimana-mana, betul sekali bahwa kita membutuhkan dan perlu memasang iklan untuk mendapatkan penghasilan dari blog, tetapi menjadi sangat mengganggu justru ketika iklan dijejalkan ke dalam artikel, sehingga seolah-olah artikelnya panjang dan berisi padahal tidak.

> Audio dan Video yang otomatis berputar, wah ini paling tidak saya sukai, karena sangat memberatkan proses loading blog, dan seolah – olah mendapatkan sambutan yang tidak diinginkan, saya pikir kita semua lebih suka mengendalikan daripada dipaksa untuk mendengarkan kecuali Anda tetap nekat mau melihat dan mendengarkannya.

> Kesulitan Navigasi, sering terlupakan oleh kita, padahal navigasi atau sederhananya kita sebut sebagai daftar isi dari sebuah blog merupakan bagian penting untuk pengunjung mengetahui apa yang ada di dalam blog tersebut. Navigasi yang tidak tertata rapi seringkali membuat kita kesulitan untuk menjelajah isi blog sehingga kita akhirnya akan malas mencarinya.

No comments:

Post a Comment

This message will wait to the Administrator privilege

Sponsor & Advertisement

Add to Technorati Favorites